Posted on

Puding adalah sebutan untuk hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut membuat pudding memiliki ciri khas tersendiri, namun sayangnya banyak orang yang mengalami masalah saat membuat pudding terutama hasil dari pudding yang sangat mudah berair. Berikut beberapa tips untuk kamu yang menghadapi masalah pudding mudah berair !

  1. Pastikan Pudding Selalu Fresh

Agar rasa pudding tetap nikmat dan bentuknya tetap bagus, pastikan untuk selalu menghidangkannya dalam keadaan fresh. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa membuat pudding 3 jam sebelum dihidangkan, atau bisa disimpan dilemari pendingin agar lebih tahan lama.

  • Mengurangi Tekanan Air

Kalau kamu membuat puding dari puding instan yang dijual di pasaran, biasanya takaran air dan bahan lain serta cara untuk membuat puding tersebut memang tertera di balik kemasannya. Nah, kalau di kemasan tertulis anda diharuskan menggunakan 500 ml untuk membuat puding, lebih baik takarannya dikurangi. Gunakanlah air sebanyak 400 ml saja. Hal ini dilakukan agar tekstur puding tetap kental dan tidak mudah berair ketika akan disajikan.

  • Menyimpan Yang Sudah Dingin Dengan Penutup

Pudding yang baru saja matang memang tidak boleh langsung ditutup namun jika sudah didinginkan, akan lebih baik kalau kamu menyimpan sambil menutupnya dengan rapat agar tidak ada udara dan menghindari pudding menjadi cepat berair. Kamu bisa menggunakan plastic warp jika tidak ada tempat yang memiliki penutup rapat.

  • Biarkan Mendingin Dengan Sendirinya

Memasukkan pudding ke dalam lemari pendingin memang membuatnya menjadi lebih cepat dingin, tetapi ini adalah pilihan yang salah karena hal ini akan membuat pudding menjadi berair setelahnya. Akan lebih baik kalau membiarkan pudding mendingin dengan sendirinya sampai dengan suhu ruangan baru dipindahkan ke dalam lemari pendingin.

  • Jangan Menyimpan Pudding Terlalu Lama Di Kulkas

Memang lemari pendingin dapat membuat pudding bertahan lebih lama, tetapi jangan sampai menyimpan pudding kamu terlalu lama. Akan lebih baik menyimpannya hanya sekitar 3 jam saja sampai dihidangkan. Hal ini dilakukan agar mengurangi kadar air dan menjaga pudding menjadi tetap fresh.

Nah, bagaimana tips yang sudah Vessa berikan? Selamat mencoba, semoga berhasil dan bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *