Posted on

Olahraga adalah satu kegiatan yang wajib dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Beberapa jam sebelum olahraga, kita dianjurkan untuk mengisi perut terlebih dahulu agar tubuh tetap bugar. David Wiener, pakar nutrisi di aplikasi fitness, Freeletics menjelaskan bahwa, kondisi perut kosong akan membuat kita tak memiliki cukup energi ketika berolahraga. Namun tidak semua makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga, ada beberapa makanan yang bahkan dilarang dikonsumsi sebelum berolahraga.

1. Makanan Berserat

Umumnya, makanan berserat adalah makanan yang sangat baik untuk tubuh terutama pencernaan, Namun, mengonsumsi makanan tinggi serat sebelum berolahraga justru bisa menimbulkan penyakit Gastrointestinal.Masalah ini bisa menyebabkan perut kembung, mual, hingga kram perut, sehingga bisa mengganggu aktivitas olahraga.

2. Minuman Bersoda

Minuman soda biasanya banyak mengandung gula dan berkarbonasi, walaupun beberapa produk soda ada yang mengeluarkan jenis kandungan gula yang rendah. Namun soda bukanlah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi sebelum berolahraga, Meminum minuman bersoda sebelum olahraga akan membuat perut Kamu terasa kembung serta bisa mengalami kram dan mual selama olahraga berlangsung.

3. Makanan Pedas

Tentu saja banyak dari Kamu yang menyukai makanan pedas, namun kamu harus menghindari makanan pedas saat kamu ingin berolahraga. Hal ini disebabkan karena makanan pedas bisa menimbulkan rasa seperti terbakar di dalam tubuh dan menimbulkan masalah pencernaan. Kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa sakit dan membuat olahraga tidak maksimal. Selain itu, makanan pedas juga bisa menimbulkan kram dan pada akhirnya membuat kita tak bisa berolahraga terlalu lama.

Jangan konsumsi makanan dan minuman ini sebelum berolahraga

4. Susu

Susu, keju dan yogurt bisa kamu konsumsi setelah sesi olahraga, tapi tidak sebelum berolahraga. Sebab, produk susu mengandung tinggi lemak sehingga bisa membuat tubuh Kamu lesu serta meningkatkan kandungan lemak dalam perut selama berolahraga. Konsumsi susu sebelum berolahraga juga bisa membuat perut terisi banyak gas. Jadi, lebih baik dihindari dulu yaa!

5. Alpukat

Sama dengan susu, alpukat juga tinggi akan kandungan lemak, meskipun lemak yang terkandung didalamnya termasuk ke dalam jenis lemak baik. Selain itu, alpukat juga tinggi serat. Kombinasi tersebut membuat alpukat lambat dicerna dan bisa menyebabkan perut kram.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari sebelum berolahraga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama bagi kesehatan tubuh Kamu. Selamat Hari Olahraga Nasional!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *