Posted on

1. Kopi Menyebabkan Insomnia?

Pernahkah Kamu mendengar anggapan bahwa kopi dapat menyebabkan insomnia ? atau bahkan kamu selalu beranggapan seperti ini? ternyata hal ini adalah mitos lho! Faktanya, kafein merupakan penghambat adenosine, senyawa yang membuat kamu mengantuk. Sehingga mengonsumsi kafein membuat kamu terhindar dari rasa kantuk. Dikutip dari Medical News Today, Kamu sebaiknya menghindari kafein setelah jam 5 sore jika ingin mendapatkan tidur malam yang baik.

2. Kafein Pada Kopi Memberikan Efek Kecanduan

Apakah selama ini kamu merasa kopi memberikan efek kecanduan? Anggapan ini sebenarnya hanyalah mitos, jika meminum kopi dalam batas wajar dan di waktu yang tepat, kamu tidak akan merasa kecanduan. Kafein mempengaruhi produksi kortisol tubuh. Saat bangun tidur di pagi hari, hormon kortisol sedang memuncak. Meminum kopi ketika hormon kortisol memuncak akan menyebabkan tubuh menjadi ketergantungan kafein dalam kopi agar lebih berenergi. Itulah penyebab kamu selalu ingin minum kopi.

Fakta tentang kopi dari Vessa Catering

3. Kopi Ekspresso Mengandung Kafein Tertinggi

Jangan minum kopi espresso! Itu sih kata orang-orang luar sana yang menganggap bahwa kopi buatan Amerika ini lebih banyak mengandung kafein yang berbahaya untuk tubuh. Konon satu gelas kopi espresso mengandung kafein 40 mg, sedangkan kopi biasa cuma mengandung 8-15 mg aja. Mitos ini sama sekali ngak bener lho, Munculnya mitos itu dikarenakan warna kopi espresso yang lebih hitam dan pekat, Padahal semua kopi mengandung kadar kafein yang sama tergantung dari berapa banyak kopi yang diseduh setiap harinya.

4. Kopi Membuat Tubuh Dehidrasi

Benarkah kopi memberikan efek dehidrasi pada tubuh ? ternyata hal ini adalah benar adanya. karena kopi akan meningkatkan intensitas berkemih. Tapi ternyata, hal tersebut bukanlah satu-satunya yang menyebabkan tubuh dehidrasi. Tapi, jika tubuh kita sedang fit dan konsumsi kopi tak terlalu tinggi, apalagi ditambah minum air putih yang sering, maka tubuh akan baik-baik saja. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat meminum kopi agar tidak ada anggapan yang berujung dengan mitos.

5. Kopi Bisa Mengangkat Sel-Sel kulit Mati

Tidak hanya sebagai minuman, ternyata kopi juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan perawatan kulit, salah satunya dijadikan masker. Bubuk kopi dapat menghilangkan sel-sel kulit mari dan memberikan efek anti-kerut karena mengandung antioksidan yang lumayan tinggi, Caranya, kamu hanya cukup mencampur bubuk kopi dengan baking soda dan air, lalu kemudian aplikasikan diwajah selama 20 menit, setelah itu bilas wajah sampai bersih dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *