Posted on

Cupcake merupakan salah satu makanan penutup favorit bagi banyak orang terutama bagi mereka para pecinta makanan manis, kue dengan tampilan yang lucu dan beragam ini dianggap sebagai teman minum kopi atau teh terbaik. Ternyata proses pembuatan Cupcake tidak begitu sulit lho. Berikut Vessa Catering berikan beberapa langkah cara untuk kamu yang tertarik mencoba mengkreasikan Cupcake dengan orang tersayang.

Cara Membuat Cupcake
  1. Adukan Adonan Adalah Hal Penting
    • Jangan menganggap hal ini spele, karena proses ini yang akan menentukan hasil tampilan dari Cupcake. Adonan yang terlalu lama diaduk dapat membentuk banyak gluten. Akibatnya, Cupcake anda jadi bantat dan permukaan Cupcake bisa pecah saat keluar dari oven nanti. Lain halnya kalau terlalu sebentar diaduk, tekstur Cupcake pasti mudah pecah dan crumbly. Oleh karena itu, gunakan kecepatan lambat pada mixer dan fokus!
  2. Pastikan Adonan dalam suhu ruangan
    • Seperti kue pada umumnya, Cupcake menggunakan bahan-bahan kue dasar seperti telur, tepung terigu, mentega, gula, dan lain-lain. Aturan pertama dalam membuat Cupcake adalah ikuti kata resep! Kamu bisa mencari beberapa sumber resep terbaik atau menanyakan langsung ke orang terdekat yang sudah pernah membuat Cupcake. Jangan asal mengukur bahan pakai feeling, ya. Lalu pastikan bahan-bahan tersebut bersuhu ruangan ketika dicampur, terutama telur dan mentega. Keluarkan bahan-bahan yang disimpan di kulkas dan diamkan selama kurang lebih 1-2 jam. Kalau ingin cepat, rendam telur dalam air hangat selama 5 menit dan potong mentega jadi kecil-kecil dan diamkan di atas piring beling.
  3. Jangan terlalu sering membuka oven
    • Melihat adonan yang terpanggang naik memang seru, ya. Namun tahan kebiasaan untuk membuka oven dan cek adonan. Udara dari luar dapat menghambat pengembangan Cupcake, meski anda intip dengan celah kecil. Nah agar waktunya sesuai, gunakan timer selama memanggang Cupcake yang akan membantu kamu untuk mendapatkan hasil yang sempurna sesuai keinginan kamu.
  4. Dinginkan cupcake sebelum dihias
    • Setelah kamu berhasil membuat adonan Cupcake, jangan langsung dihias ya dalam keadaan panas. Hal ini dilakukan untuk menghindari Buttercream yang akan meleleh jika terkena panas. Kamu harus sabar menunggu, atau untuk proses yang lebih cepat, kamu bisa memasukkannya ke kulkas. Jangan biarkan Cupcake tetap berada di loyang oven, karena besi atau aluminium ada konduktor panas yang baik. sehingga akan membuat proses pendinginan menjadi lebih lama.
  5. Tidak Hanya Dipanggang, Cupcake Juga Bisa Dikukus
    • Buat kamu yang masih belum punya oven dirumah, kamu bisa memanfaatkan cara masak yang satu ini, yaitu di kukus. Syaratnya kamu harus punya panci untuk mengukusnya. Adonannya sama dengan adonan yang dipanggang, tetapi hasil dan rasanya berbeda dan memiliki kelebihan dan ciri khas rasa masing-masing, sesuai dengan selera kamu.

Itulah beberapa langkah cara membuat Cupcake ala Vessa Catering, Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *