Posted on

‘Makan sedikit dapat menurunkan berat badan’, itulah anggapan yang selama ini banyak dipercaya oleh sebagian orang. Namun ternyata faktanya tidak demikian. Makan sedikit saat diet gak akan menjamin berat badan kamu akan turun, bahkan bisa membahayakan kesehatan kamu lho. Untuk tahu fakta sebenarnya, simak info berikut ini!

1. Makan Sedikit Saat Diet Memicu Rasa Lapar Berlebihan

Pernahkah kamu tetap merasakan lapar padahal kamu sudah mengonsumsi sarapan atau makan siang kamu? Mungkin kamu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kamu. Makan sedikit saat diet boleh saja, asal nutrisi dan asupannya tetap kamu perhatikan dengan baik.

Time to lose weight

Menurut penelitian Dr. James J. Lee, M.D, seorang dokter gastroenterologis asal California, Amerika Serikat, zat kimia yang mengontrol nafsu makan termasuk leptin dan ghrelin akan meningkat saat kamu menerapkan pola makan ketat kalori. Artinya, ini yang membuat kamu tetap merasakan lapar saat kamu sudah mengurangi porsi makan kamu. Faktanya rasa lapar akan terus meningkat saat kamu mengonsumsi makan dengan porsi kurang dari yang biasa kamu makan. Hal ini yang memicu konsumsi makan berlebihan dan akhirnya berat badan kamu akan terus meningkat.

2. Makan Sedikit Mempengaruhi Sistem Tubuh

Selain rasa lapar berlebihan, mengurangi porsi makan juga akan memengaruhi sistem kerja tubuh kamu. Saat sistem kerja tubuh kamu lambat, maka metabolisme juga akan menjadi lambat. Saat itu, tubuh akan sulit untuk memproses makanan menjadi energi, akibatnya tubuh akan menyimpan lapisan lemak lebih banyak dan tidak menutup kemungkinan berat badan kamu malah akan bertambah.

Bagi kamu yang suka makan dengan porsi yang cukup banyak, kebanyakan orang akan merasa lemas dan bahkan terkena penyakit lambung saat mulai mengurangi porsi makan mereka. Pilihlah makanan yang bernutrisi dan juga makanan sehat dengan kalori rendah. Menurut pakar nutrisi, Barbara Rolls, makanan yang mengandung kalori rendah akan membantu kamu untuk mengatur rasa lapar.

Mitos tentang makan sedikit saat diet bisa menurunkan berat badan akan menjadi fakta saat kamu bisa mengatur porsi makan dengan baik.

3. Solusi Diet Bagi Yang Ingin Menurunkan Berat Badan

Dengan mengetahui informasi diatas, maka ada solusi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan kamu, yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan dengan asupan nutrisi yang cukup.

Jangan lupa untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kamu saat kamu menjalani program diet dengan mengurangi porsi makan kamu. (Baca Juga: Menghitung Porsi Catering Pernikahan)

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi saat diet :

  • Brokoli

Kamu bisa mengonsumsi brokoli untuk mengatur berat badanmu, karena brokoli adalah sayuran yang kaya akan vitamin. Kamu bisa mengonsumsi brokoli sebanyak yang kamu mau tanpa takut berat badan kamu akan naik. Selain itu, brokoli juga bisa membuat perut kamu terasa kenyang lebih lama.

  • Semangka dan Melon

Semangka dan melon adalah beberapa buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Nah, dengan mengonsumsi semangka atau melon, maka kamu akan merasa lebih cepat kenyang karena kandungan serat yang ada pada semangka dan melon. Selain itu, dengan mengonsumsi semangka dan melon, berat badan kamu juga akan tidak akan naik dengan drastis. Jadi, kamu tidak perlu khawatir berat badan kamu akan melonjak naik.

Diet bukan hanya untuk membuat badan menjadi ideal dan bagus, tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai diet yang kamu lakukan hanya mendatangkan penyakit untuk tubuh kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *